10 Langkah Menghadapi Wabah Virus Corona 2020

Coronavirus (CoV) adalah keluarga besar dari virus yang menyebabkan berbagai penyakit mulai dari flu biasa sampai sindrom pernapasan timur tengah (MERS-CoV) dan pernapasan akut parah (SARS-Cov). Covid-19 merupakan virus jenis baru yang ditemukan pada tahun 2019, belum dapat terindikasi pada manusia. Virus corona ditularkan antara hewan juga manusia, ada beberapa penemuan bahwa SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak ke manusia dan MERS-CoV dari unta dromedaris ke manusia.

Ada beberapa tanda yang umumnya terjadi mulai dari gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah infeksi ini dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal dan bahkan kematian. Cara sederhana untuk mencegah penyebaran infeksi melalui cuci tangan secara teratur dan menutup mulut hingga hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur sampai matang.

10 Cara Sederhana Tidak Menyerah Pada Virus Corona

  1. Ketahui Faktanya

    Setiap peristiwa yang terjadi hingga yang menakutkan sekalipun kamu harus tenang lalu mencari tahu faktanya. Rasa cemas bisa saja meningkat dan fantasi kamu yang berlebihan tanpa adanya informasi yang akurat dapat menyebabkan stress yang berlebihan. Terkadang informasi yang sering kalian terima belum tentu benar, Dr Lerner menyarankan untuk menghindari sumber berita online yang tidak diregulasi.

    Ketika seseorang sedang berada dibawah tekanan maka sangat sulit untuk berpikir secara jernih apalagi menyaring informasi. Maka dari itu memperhatikan sumber informasi merupakan langkah awal yang mudah untuk kalian terapkan sehingga tidak menjadi korban berita palsu.

  2. Memperluas Pemahaman

    Penyebaran virus corona bukan satu-satunya penyebab stress yang kita hadapi, akan lebih keras jika krisis dunia terjadi dalam hidup anda. Merasa panik serta kewalahan merupakan hal yang normal, apa yang bisa kita hindari adalah melabeli diri anda atau membandingkan diri anda dengan orang lain. Setiap orang akan menghadapi tantangan yang mungkin saja tidak terjadi dengan diri anda atau tidak kamu pahami.

  3. Identifikasi Sumber Kecemasan

    Jangan biarkan rasa cemas menghantui kamu, lebih baik cari tahu dari mana sumbernya lalu menerapkan solusinya. Menenangkan pikiran merupakan langkah tepat yang perlu kamu lakukan agar tidak panik dan terlarut dalam keadaan. Jangan sampai tindakan negatif yang seharusnya tidak kamu lakukan terjadi, mencegah itu jauh lebih bermakna dari pada mengobati.

  4. Menahan Diri

    Ketika kecemasan bertahan hidup tinggi dan barang terasa begitu langkah, maka begitu mudah untuk menyalahkan orang lain. Meskipun tidak dapat menghilangkan ketakutan yang kita alami, kamu masih bisa untuk memahami bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi keadaan sekitar menjadi lebih baik atau lebih buruk.

  5. Jangan Takut Minta Tolong

    Saling menolong satu sama lain, bahu-membahu bekerja sama karena tidak ada hal yang bisa kamu lakukan jika sendirian. Memiliki sudut pandang yang mau untuk saling berbagi dan mengerti satu sama lain itu akan meringankan rasa cemas. Tetap menjaga komunkasi anda dengan saudara diluar sana dan ajak mereka untuk terus berpikir positif, tidak takut dan mau menjaga kesehatan.

  6. Selalu Mempersiapkan Diri

    Rasa cemas dapat mendorong kita bereaksi berlebihan, lebih baik kamu tidak menunda untuk melakukan hal bersih mulai dari mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktifitas. Jauhkan tangan anda dari wajah karena itu merupakan cara cepat untuk melakukan penyebaran secara tidak terduga, kamu juga tidak tahu persis bahwa ada berapa juta kuman yang menempel di tangan bukan.

    Perubahan kecil ini akan membawa dampak yang positif untuk kamu beserta keluarga, melakukan tindakan pencegahan mulai dari sekarang. Apabila anda belum mendapat persediaan obat maupun makanan maka segera lakukan hari ini. Kamu harus mampu untuk membuat keputusan bijak mengenai hal ini sehingga tidak tenggelam dalam pikiran negatif.

  7. Hubungan Sosial

    Social distance mengharuskan kita untuk bekerja dan melakukan berbagai aktifitas dirumah. Tetapi hal tersebut tidak berarti kamu harus mengisolasi diri, karena sangat penting untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, tetangga bahkan sumber daya lainnya. Kamu bisa menggunakan berbagai cara seperti text, email, apapun itu yang bisa menghubungkan kamu dengan orang tersayang.

  8. Mawas Diri

    Momen seperti ini mengajak kita untuk tidak hanya peduli terhadap orang lain tapi juga bersikap lembut terhadap diri kita sendiri. Jangan menyusahkan diri sendiri ketika anda tidak bisa melepaskan diri dari rasa takut. Pada dasarnya sistem dalam psikologis sangat berperan sehingga dapat membuat kamu menyadari berbagai macam hal diluar sana.

  9. Peduli Akan Kesehatan

    Mempertahankan rutinitas yang membawa kenyamanan dan stabilitas, coba untuk melakukan (yoga, meditasi). Meskipun kita tidak dapat menghilangkan rasa takut, dengan belajar cara untuk menenangkan diri dan menemukan sedikit demi sedikit ketenangan pikiran. Tindakan seperti ini dapat menjadi alternatif yang bisa kamu lakukan untuk menghibur dalam keadaan seperti ini, terus konsumsi multivitami dan buah secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

  10. Tidak Panik

    Jangan biarkan rasa cemas bahkan takut menghantui anda, dimana masa penuh dengan tekanan ini penting untuk kamu mengelola rasa cemas itu sendiri. Terus bergerak maju penuh dengan cinta dan harapan hal inilah yang akan menuntun kamu dari permasalahan yang terjadi.

10 hal ini bisa membantu kamu agar tidak mudah panik dalam menghadapi penyebaran virus corona. Kamu bisa membagikan kepada orang tersayang sehingga mereka dapat mengantisipasi setiap informasi yang diterima dari berbagai media. Selagi kamu menjaga kesehatan dirumah bisa bermain game poker online selain menyenangkan, hiburan berkualitas ini bisa mempererat hubungan kamu dengan kerabat. Main game bisa menjadi alternatif positif agar tidak merasa terus depresi dengan keadaan. Mulai dari sekarang jangan biarkan keadaan mengalahkan kamu.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.